Monday, May 7, 2007

Jangan Bicara Tentang Pendidikan dan Ide Besar Itu



Sudahlah. Jangan bicara soal pendidikan dan mereka yang berpunya yang meraih penghargaan atas nama bangsa. Inilah sebagian kondisi sekolah-sekolah kita, tempat generasi penerus dan pemilik sah negeri ini menyulam cita-cita. Tapi semuanya robek sudah. Cita-cita masih saja membubung tinggi, dan para petinggi berbicara berbusa-busa dengan bahasa yang tak mudah dipahami. Tak banyak sebenarnya yang diminta. Kembalilah menjadi pelayan bagi anak negeri yang menyulam cita-citanya di sekolah tua yang kini entah berbentuk apa.

1 comment:

yolanda said...

Lha Mas, wong petinggi-petinggi itu sibuk membuat pengajaran bukan pendidikan: hasil akhir bukan proses. Pola pikir mereka kebanyakan terbentuk karena pengajaran yang kebetulan tinggi, bahkan sampai PhD segala. Saya pikir sistemnya yang perlu dibenahi pertamakali ketimbang infrastruktur. Belajar bisa dimana saja kan??

PS. Saya tidak sependapat dengan penggunaan kata pendidikan untuk merujuk ke lembaga formal seperti yang dipakai kebanyakan orang. Saya lebih memilih pengajaran.=P